Jumat, 13 April 2012

Cara Menanam Tomat

Dari beberapa jenis sayuran yang sempat di tanam beberapa waktu yang lalu, salah satu-nya adalah tanaman Tomat. Dalam percobaan pertama menanam tomat ini bisa dikatakan cukup berhasil. Saat ini di halaman rumah sudah ada sekitar 25 tanaman tomat usia 1.5bulan dengan ketinggian batang bervariasi antara 5-20cm. 

Tanaman Tomat usia sekitar 1.5bulan

Nampak-nya media tanam sangat berpengaruh terhadap kecepatan tumbuh tanaman tomat ini. Dengan bibit dan usia yang sama ketinggian tanaman sangat bervariasi. Pertumbuhan maksimal di capai oleh tanaman yang menggunakan media tanam tanpa campuran sekam sedangkan sisa-nya menggunakan media tanam dengan campuran sekam agak terlambat pertumbuhan-nya.

Media tanam sendiri adalah campuran dari pupuk kandang, tanah, humus dan unsur2 hara yang telah di campur dengan komposisi tertentu. Media tanam tersebut bisa di beli di toko bunga pinggir jalan dengan ukuran 10 & 20kg per karung. Harga dan jenis-nya pun bervariasi. Untuk yang media tanam dengan campuran sekam seharga 20ribu untuk 20kg sedangkan tanpa campuran sekam 25ribu untuk 20kg.

Tantangan dalam pertumbuhan tanaman tomat kali ini adalah ada-nya serangan jamur sehingga daun menjadi  terlihat bercak-bercak dan lama2 menjadi mengering serta pertumbuhan terhambat. Karena ingin-nya tumbuhan home gardening ini adalah tanpa pestisida kimia maka berbekal informasi dari buku maka penanganan-nya pemberantasan hama dengan pestisida alami, yaitu campuran parutan jahe, kunyit dan serai lalu di campur dengan air dan di saring. Setelah dua hari berturut-turut di semprot pestisida alami tadi nampak-nya hasil-nya mulai terlihat. Berangsur-angsur daun yang mengalami bercak-bercak mulai berkurang dan pertumbuhan tanaman semakin pesat.

Saat ini tanaman tomat sudah terlihat sehat, meski sisa-sisa bercak masih sedikit terlihat dan menyisakan warna daun kuning
Selain itu mostly kondisi tanaman tomat dalam keadaan sehat dan sebagian tinggi batang sudah mencapai 30cm
Tanaman tomat usia 2 bulan
Tanaman tomat di pindah ke pot yang lebih besar, usia 3 bulan


Tanaman tomat mulai berbunga (usia 3 bulan)

Nampak-nya beberapa tanaman tomat mulai terlihat condong dan roboh, di perlukan penyangga agar tanaman tetap tegak berdiri.


1 komentar:

  1. numpang nanya, jika menanam di tempat teduh apa pengaruhnya untuk tomat? terimakasih

    BalasHapus

koleksi tanaman hias

Semakin hari semakin tertarik dengan macam-macam tanaman hias ini, jaman dulu sebetulnya tanaman hias ini sudah banyak ada namun sepertin...